Senin, 03 Desember 2012

Cara Belanja di Amazon.com untuk orang Indonesia

Sebelum kita masuk ke pembahasan utamanya. kami infokan tahu dulu, bagaimana sih Amazon.com itu? Amazon.com adalah sebuah situs belanja online yang menjual seluruh macam kebutuhan kita dari para penjual yang tergabung dalam Amazon.com. Sebagai contoh gampangnya, Amazon.com itu seperti sebuah mall pusat perbelanjaan, dimana di dalam Amazon.com itu ada beberapa otlet-otlet penjual segala macam kebutuhan kita dan kita bisa mencari suatu kebutuhan kita bukan hanya pada satu otlet saja di Amazon.com, tapi kita bisa mencari dibeberapa otlet penjual yang menjual kebutuhan kita tadi, misalnya nih.. kita mau beli celana jeans merek Lee, kita bisa menemukan di beberapa otlet penjual di Amazon.com yang menjual celana jeans Lee dan tentunya dengan harga yang bervariasi, serta kita juga ditawari pilihan jika kita ingin membeli celana jeans Lee tersebut dengan kondisi second atau bekas... eeeitt... bekas disini bukan bekas seperti bekas pakai kita bisanya.. bekas disini masih tergolong baru, dan mungkin hanya sekali pakai. 

Tapi masalahnya sekarang adalah, tidak semua otlet yang berada di Amazon.com tersebut melayani pengiriman ke Indonesia, kita harus tahu otlet mana saja yang melayani pengiriman ke Indonesia. Nah.. bagaimana caranya...? disinilah kami akan memberikan tips-tips belanja di Amazon.com yang melayani pengiriman ke Indonesia.

1.    Masuk dulu ke situs www.Amazon.com

Jika anda sudah punya account, anda bisa langsung sign in saja, atau kalau belum punya account, anda bisa sign up dulu, isi data yang diminta dan konfirmasi pendaftaran melalui email anda yang dikirim oleh Amazon.com. sampai disini kami anggap anda sudah punya account di Amazon.com

2.  Anda bisa memilih barang yang kamu inginkan dengan cara memilih di Shop All Departments atau bisa langsung mengetikkan barang yang anda inginkan di kontak pencarian yang disediakan, sebagai contoh kita akan membeli mouse Razer Mamba.


3.   Maka akan keluar Razer Mamba yang ditawarkan oleh Amazon.com dengan harga $98.67 yang ditawarkan oleh salah satu otlet di Amazon.com. Perhatikan pada gambar yang dilingkari. Pada gambar yang dilingkari ada tulisan 18 new from $98.67 dan 4 used from $92.50. 18 new from $98.67 maksudnya adalah ada 18 otlet yang menjual Razer Mamba mulai dari $98.67 dengan kondisi baru dan 4 used from $92.50 maksudnya adalah ada 4 mouse Razer Mamba bekas yang dijual mulai dari $92.50


Dan disinilah kita mulai memilih mau yang baru atau yang bekas. kami anggap kita akan memilih yang baru. Lalu untuk mengetahui apakah dari 18 otlet itu melayani pengiriman ke Indonesia, kita bisa mengklik tulisan 18 new, maka.

4. Akan keluar daftar 18 otlet yang menjual Razer Mamba lengkap dengan harga dan ongkos kirimnya. Dan untuk memilih dari 18 otlet tersebut yang melayani pengiriman ke Indonesia, kita bisa perhatikan keterangan layanan pengiriman dari otlet tersebut, seperti pada gambar yang dilingkari. Pada gambar yang dilingkari ada keterangan International & Domestic Shipping Rates and Return policy yang artinya adalah melayani pengiriman ke luar negeri dan domestik serta pengembalian barang. Jadi Razer Mamba yang dijual oleh salah satu otlet di Amazon.com - dalam hal ini adalah otlet VirtualSim - melayani pengiriman ke Indonesia, kita bisa memilih otlet ini denga cara mengklik Add to Cart, maka proses berikutnya adalah


5.    Kita bisa langsung mengklik Proceed to checkout


6.   Berikutnya kita akan diminta untuk memasukan password account kita di Amazon.com, walaupun kita sudah sign in sebelumnya, tapi untuk proses pemesanan ini, kita diharuskan untuk memasukan lagi password kita di Amazon.com dengan cara memilih I am a returning customer, and my passwors is masukkanlah password kamu. Lalu klik Sign in using our secure server yang artinya masuk melalui server kami yang aman terjaga.


7.    Berikutnya akan ada alamat kita tempat barang pesanan yang akan dikirimkan sesuai dengan data yang kita masukan pada saat sign up pertama kali, kita bisa langsung mengklik Ship to this address, atau jika ingin pengiriman ke alamat yang lain seperti alamat kantor, bisa mengisikan data pada Or enter a new shipping address


8. Berikutnya adalah rangkuman keterangan item belanja dan alamat pengiriman serta perkiraan lamanya pengiriman, pada gambar ini disebutkan averages 10 – 16 business days yang artinya rata-rata lama pengiriman memakan waktu kurang lebih 10 – 16 hari kerja, jika sudah semua deal, kita bisa langsung klik continue saja


9.  Berikutnya adalah pilihan proses pembayaran, karena kita menggunakan kartu kredit maka kita bisa memilih Add a new card


Dan kita akan diminta memasukan data dari kartu kredit kita, lalu klik Add your card dan klik continue





Dan proses selanjutnya adalah review dari proses transaksi kita dan jika kita setuju dengan segala proses-proses tersebut diatas, maka kita tinggal mengklik finish dan berikutnya akan ada email masuk di email kita dari Amazon.com yang berisi detail belanja, harga barang dan ongkos kirim serta perkiraan lamanya barang akan kita terima. Dan.. kita tinggal menunggu saja dengan manis dirumah.

Tapi perlu diingat, bahwa tidak semua otlet yang berada di Amazon.com melayani pengiriman ke Indonesia, jadi jika anda sudah melakukan langkah-langkah diatas dan tetap tidak ada yang satu otlet pun yang melayani pengiriman ke Indonesia.... Yah... apes deh.... gigit jari deh.... hehehhe..

Tips tambahan belanja online dengan kartu kredit.
  1. Gunakan komputer yang mempunyai anti virus yang memiliki filtur Identity Protection dan anti spyware, kenapa anti spyware? Karena salah satu sifat dari spyware adalah kemampuannya memantau kegiatan berinternet kita. Saya menyarankan Norton atau bisa kombinasi AVG dan Spyware Doctor. 
  2. Hindari belanja online dengan kartu kredit di warnet atau warung internet atau internet cafe, karena kita tidak akan pernah tahu apakah si pemilik warnet menggunakan fasilitas remote dasktop atau tidak. Apa itu remote dasktop? Gampangannya dari remote dasktop adalah kegiatan apa saja yang kita lakukan di komputer yang ter-remote dasktop akan sangat mudah sekali diketahui dan dilihat oleh di admin pemasang remote dasktop. 
  3. Gunakan browsing yang memiliki filtur Private Browsing, karena dengan menggunakan Private Browsing, maka segala situs atau tab-tab yang kita buka tidak akan tersimpan di History lengkap dengan cookies-cookies-nya. 
  4. Dan untuk lebih meyakinkan kembali, setelah melakukan belanja online dengan kartu kredit, hapus semua daftar history dan cookies yang tersimpan.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna. Selamat berbelanja Produk TWIN PRODUCTION yang lain secara online..


 

22 komentar:

  1. Di amazon.com bisa ketipu juga gak ya kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanja di amazon cukup aman, Jika barang tidak sampa, Amazon akan melakukan resend/refund barang

      Hapus
    2. Yang penting kepercayaan pelanggan terhadap penyedia jasa...iya gak agan Yuzzlin...
      agan Yuzzlin juga penyedia layanan jasa pemesanan online...bisa bantu agan2 yang pengen hunting online...hehehehe...

      Hapus
  2. Infonya mantap :D

    Kita juga bisa bantu apabila ada yang kesulitan belanja di amazon

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. bea masuk udh include saat transaksi gan...yaitu biaya area/wilayah saat transaksi...ya seperti jasa pengiriman lokal di walayah kita gan...

      Hapus
  4. masih bingung pembayarannya,, apa harus pnya kredit card amazon ya?
    mentook ni, pdahal pgen bgt belanja d amazon,, help me pleaseee.... :'(

    BalasHapus
  5. Gan, ada biaya2 lain ga kaya bea/cukai biar nyampe rumah?
    Atau waktu apply belanja online itu dah termasuk?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit share bro. Pajak dan Bea Masuk dikenakan untuk barang/paket dengan harga diatas $50. Jika saat payment, Amazon menawarkan "Import Fee Deposit", maka itu sudah termasuk pajak, jadi kita sudah tidak dikenakan pajak lagi. Jika saat payment, tidak opsi tersebut, maka kita akan dikenakan pajak, saat barang sampai di kantor pos besar terdekat alamat kita. Semoga membantu

      Hapus
  6. Wah, ada bbrp item yg ingin sy beli di amazon.com ternyata gak sampe ke indonesia.. sedih rasanya... pshl cuma mo beli gunting rambut doang n cliper hehehe....

    BalasHapus
  7. Halo gan tanya donk, kalo barang yang kita pesan di Amazon tulisnya free shipping, apakah kirim ke Indo juga freeshipping?

    BalasHapus
  8. di atas $50 kena pajak berapa ya?

    BalasHapus
  9. makasih tipsnya gan.
    sekedar sharing juga mengenai klikoffice.co.id belanja online peralatan dan perlengkapan kantor, memang ini adalah website resmi. sesuai dengan namanya klikoffice.co.id belanja online peralatan dan perlengkapan kantor, website toko online (webstore) ini menyediakan peralatan dan perlengkapan kantor dengan harga dan bonus menarik, bergaransi resmi juga, orang-orang biasa mengunjunginya dari SINI>> klikoffice.co.id belanja online peralatan dan perlengkapan kantor

    BalasHapus
  10. gan, gambarnya munculin lagi dong..

    BalasHapus
  11. Gan, klw ga ada kartu kredit bisa ga pake ATM??

    BalasHapus
  12. Gan, klw ga ada kartu kredit bisa ga pake ATM??

    BalasHapus
  13. Untuk kartu debit kemarin saya coba kenapa selalu declined ya??

    BalasHapus
  14. "Ana lombok beli tas backpack kriega R20 di amazon nyampe 13 hari....

    BalasHapus
  15. om and sis minta info jasa shipping yg tanpa transit dong?

    BalasHapus
  16. Gan klo sudah place your order, apakah perlu confirmasi lagi...

    BalasHapus
  17. Mau sharing, mungkin agan2 bisa coba pakai jasa Viabox, karena pengalaman tidak semua seller mau kirim ke Indonesia kalau dari Amazon. Viabox responnya cepet dan 100% free juga, selain itu kita bisa minta difotokan dulu paketnya sebelum dikirim.

    BalasHapus